-->

Pengertia Doa, Manfaat atau Fungsi Doa, Waktu dan Tempat Utama Serta Etika Berdoa

- Desember 16, 2020
EYZA BLOG - Halo teman Eyza Blog, terima kasih ya masih tetap setia membaca tulisan-tulisan sederhana saya. Kali ini saya akan bahas secara tuntas tentang doa. Meskipun mungkin setiap hari kita selalu berdoa, tapi ada hal-hal yang selama ini belum kita ketahui. Maka tidak salahnya deh kalau teman-teman menyempatkan membaca artikel ini.

Pengertia Doa

Doa adalah permohonan atau permintaan hamba kepada Alloh SWT. Permohonan atau permintaan ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan seorang hamba. Ada orang yang sedang ditimpa kesusahan maka meminta pertolongan agar diberi jalan dari kesulitan tersebut, ada orang yang ingin dilapangkan rizkinya maka memohon agar Alloh memberikan jalan rizki yang luas.

Doa juga sebagai inti ibadah. Maka doa harus dipanjatkan dalam keadaan apapun dana kapanpun. Baik dalam keadaan susah ataupun senang, baik dalam keadaan lapang ataupun sempit maka doa harus selalu dipanjatkan kepada Alloh SWT. Hal ini sebagai perwujudan bahwa kita sebagai hamba tidak memiliki daya dan upaya kecuali atas pertolongan Alloh SWT.

Alloh SWT sangat menyukai hambanya yang suka berdoa atau meminta pertolongan kepada-Nya. Bahkan dalam sebuah hadits Alloh Nabi Muhammad SAW bersabda "Tidada sesuatu yang paling mulia dalam pandangan Alloh SWT, selain berdoa kepada-Nya, sedang kita dalam keadaan lapang".

Nah dari hadits di atas mengisyaratkan bahwa kita harus selalu berdoa baik dalam keadaan sempit maupun lapang. Bahkan orang yang berdoa dalam keadaan lapang sangat mulia dalam pandangan Alloh SWT. Hal ini sangat masuk akal, kalau seorang hamba berdoa karena dalam keadaan sulit, sempit, susah itu sudah sangat lumrah tapi dalam keadaan sehat wal afiat tanpa kekurangan suatu apapun tapi seorang hambat masih tetap berdoa, maka ini sangat istimewa.

Fungsi atau Manfaat Doa

1. Sebagai wujud ketaatan kepada Alloh SWT

Hal ini sejalan dengan Firman Alloh SWT dalam Q.S Ghofir : 60 yang artinya "Berdoalah kamu kepada-Ku, nisacaya Aku mengabulkan doamu"

2. Doa sebagai wujud pengahambaan kepada Alloh SWT

3. Sebagai pengakuan bahwa tidak ada daya dan upaya kecual atas pertolongan Alloh, maka tidak ada tempat lain meminta pertolongan kecual Alloh SWT

Fadhilah atau Keutamaan Doa

1. Alloh selalu menyertai hamba yang berdoa

2. Doa adalah senjatanya orang beriman

3. Doa mendatangkan keselamatan

4. Doa menolak bala dan menolak tipu daya musuh

Waktu Utama (Paling Bagus) Untuk Berdoa

Alloh menyediakan tempat dan waktu yang utama untuk berdoa. Bagi mereka yang ada di Mekah dan Madinah atau yang memiliki kesempatan bisa berziarah ke Makah dan Madinah maka mereka bisa berdoa di tempat-tempat yang sudah Alloh tentukan sebagai tempat dikabulkannya doa. Tapi bagi kita yang jauh dari tempat tersebut dan belum memiliki kesempatan untuk mengunjunginya, maka kita bisa memilih waktu yang tepat untuk berdoa agar doa mudah dikabulkan oleh Alloh SWT. Nah berikut adalah beberapa waktu utama untuk berdoa.

1. Saat adzan berkumandang

2. Diantara adzan dan iqomah

3. Sebalum salam pada sholat wajib

4. Di hari rabu antara Dzuhur dan Ashar

5. Saat bangun tidur pada malam haru bagi orang yang ketika akan tidur dalam keadaan suci

6. Saat berbuka puasa bagi orang yang berpuasa

7. Pada saat sujud dalam sholat

8. Saat sedang turun hujan atau kehujanan

9. Saat melihat sakaratul maut

10. Sesaat di hari Jumat

11. Pada malam lailatul qodar

12. Pada hari arofah

13. Pada sepertiga akhir malam

14. Saat minum air zam-zam

Tempat Paling Utama Untuk Berdoa

Tempat-tempat di bawah ini adalah tempat-tempat yang paling utama untuk berdoa dan lokasinya ada di Mekah dan Madinah. Tapi jangan berkecil hati, selain kita bisa berdoa di waktu utama, kita juga tetap bisa berdoa di Masjid dan Mushola di sekitar kita.

1. Di depan dan di dalam ka'bah

2. Di masjid Nabawi

3. Di belakang maqom Nabi Ibrahim

4. Di atas bukit Shota dan Marwah

5. Di Arofah, Muzdalifah, Mina dan di sisi jamarot yang ketiga

6. Di tempat-tempat mulia lainnya seperti Masjid dan Musholla

Etika atau Adab Dalam Berdoa

Berdoa adalah meminta pertolongan kepada dzat yang Maha Agung, Masa Suci, dan maha segalanya. Maka ketika berdoa harus memiliki etika.

1. Bertobat kepada Alloh SWT dan menghadapkan diri kepada Alloh dengan khusyu

2. Disunatkan menghadap kiblat

3. Diawali dan diakhir dengan memuji Alloh SWT

4. Mengakui keagungan Alloh dengan cara merendahkan diri di hadapan Alloh

5. Berdoa dengan suara yang sedang, tidak berteriak-teriak tetapi juga tidak berbisik

6. Berdoa dengan perasaan takut dan penuh harap

7. Mengulang doa

8. Berdoalah dalam keadaan suci dari najis (badan, pakaitan dan tempat)

9. Berdoalah dalam keadaan suci dari hadats besar dan kecil

Direkomendasikan
 

Start typing and press Enter to search