-->

Doa Mustajab Saat Mengikuti Tes, Ujian, Ulangan Agar Mudah dan Lulus

- November 12, 2019
EYZA BLOG - Tes, Ulangan dan Ujian merupakan sesuatu yang memerlukan persiapan khusus. Bagi kamu yang akan mengikuti tes, ulangan atau ujian jangan hanya diam berpangku tangan. Ada ikhtiar yang dilakukan dan doa yang harus  dipanjatkan dengan sungguh-sungguh. Ujian sekolah maupun ujian yang lain, misalnya ujian CPNS maka perlu di dukung dengan doa, tidak hanya doa dari diri sendiri tapi juga doa dari orang-orang yang mencintai kita. Maka saya anjurkan agar kamu "mengemis" doa kepada orang-orang terkasihmu.

Sebenarnya, tidak ada yang sulit jika Alloh menghendaki kemudahan untuk hambanya. Maka, setelah belajar sungguh-sungguh, doa yang sungguh-sungguh juga harus senantiasa dipanjatkan ke hadirat Illahi yang maha berkehendak dan berkuasa atas segala sesuatu.

Tata cara berdoa agar dikabulkan apa yang menjadi hajat

Meminta kepada manusia saja ada tata caranya, apalagi meminta kepada dzat yang maha kuasa. Tentu ada adab dan tata cararanya.
#1. Menyembah Alloh dengan sebenar-benarnya menyembah
Dalam Surat Alfatihah disebutkan Iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'iin. Yang artinya, hanya kepada-Mu aku menyembah dan hanya kepada-Mu aku memohon pertolongan. Artinya, sebelum kita memohon pertolongan (meminta/berdoa) maka kita harus menyembah Alloh terlebih dahulu. Penyembahan ini juga yang akan mendekatkan kita kepada Alloh. Maka orang yang dekat dengan Alloh segala hajatnya pasti akan dipenuhi.

Praktiknya, ketika akan berdoa maka dianjurkan untuk sholat dulu, misal sholat hajat atau sholat-sholat sunat yang lainnya. Setelah itu baru berdoa

#2. Memohon Ampunan Allah SWT
Tidak ada satupun manusia yang bersih dari dosa. Namun tidak perlu khawatir, karena sebesar apapun dosa kita, ampunan Alloh lebih besar dari segalanya, asal kita bersungguh-sungguh dalam memohon ampunan Alloh SWT. Kalau misal selama ini kita sangat dekat dengan dosa, maka inilah saatnya kita melakukan tobat yang sesungguhnya (taubatan nasuha).

Praktiknya, beristigfarlah sebanyak mungkin untuk mendapatkan ampunan Alloh sebelum berdoa atau memohon pertolongan kepada Alloh SWT.

#3. Memuji Alloh SWT
Kita tahu, bahwa segala pujian kembali kepada Alloh karen semuanya adalah milik Alloh. Kalau dalam kehidupan seshari-hari sesama manusia, terkadang kita juga sering memuji teman atau saudara karena kita memiliki maksud dan tujuan. Dengan dipujinya orang tersebut maka hatinya akan senang dan biasanya, kalau hatinya sudah senang maka ketika kita meminta bantuan dia akan dengan mudahnya memberikan bantuan.

Begitu juga dengan Alloh tuhan sekalian alam, Alloh senang ketika hambanya memuji, dan kebaikan pujian terhadap Alloh akan kembali kepada kita dalam bentuk pengkabulan permohonan.

#4. Membaca Sholawat Atas Nabi Muhammad SAW
Kita tahu, bahwa Nabi Muhammad SAW adalah kekasih Alloh. Maka barang siapa mencintai Nabi Muhammad maka Alloh juga akan mencintai orang tersebut. Bahkan Alloh dan para malaikat saja bersholawat kepada Nabi, maka Alloh memerintah orang-orang beriman untuk bersholat juga kepada Nabi. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

“Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” [Al-Ahzaab: 56]

Doa Agar Dimudahkan dan Lulus Ujian

Bacaan doa yang secara khusus dibaca ketika akan menghadapi ujian adalah sebagai berikut :

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

ALLAAHUMMA LAA SAHLA ILLAA MAA JA’ALTAHU SAHLAN WA ANTA TAJ’ALUL HAZNA IDZAA SYI’TA SAHLAN.
Artinya :
“Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.”

Doa Agar Diberikan Kemudahan dan Kebaikan

Selain doa khusus untuk menghadapi ujian, bisa juga ditambah dengan doa yang secara umum agar mendapatkan kemudian dan kebaikan yang paripurna. Bacaannya sebagai berikut :

 

Nah itulah doa mustajab mengikuti tes, ulangan, ujian agar mudah dan lulus. Semoga informasi doa ini bermanfaat, silakan amalkan dengan dengan cara dibaca secara rutin setelah sholat fardlu atau setelah sholat-sholat sunat, dan juga bisa dijadikan sebagai amalan wirid.
Direkomendasikan


Show EmoticonHide Emoticon

 

Start typing and press Enter to search