-->

Bacaan Doa Sholat Duha Lengkap Dengan Niat dan Fadhilah Sholat Duha

- Oktober 20, 2019
EYZA BLOG - Bacaan Doa Sholat Duha Lengkap Dengan Niat dan Fadhilah Sholat Duha | Halo teman-teman, sudah biasa dengan sholat duha? Mudah-mudahan kita bisa dan terbiasa menjalankan sholat duha. Sukur-sukur bisa istiqomah setiap hari melaknsakan sholat duha, ya minimal 2 rokat aja deh gak usah banyak-banyak. Sukur-sukur sih bisa 12 rokaat. Sebagaimana sabda Rosululloh SAW :


مَنْ صَلَّى الضُّحٰى اِثْنَتٰى عَشَرَةَ رَكْعَةً بَنَى اللهُ لَهُ قَصْرًا فِى الْجَنَّةِ
Artinya:
“Barang siapa yang melakukan sholat Dhuha dua belas rakaat, Allah akan membuatkan baginya istana di surga” (H.R. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Dari hadist diatas dijelaskan bahwa jumlah rakaat sholat Dhuha sebanyak 12 rakaat. Namun rakaat yang berjumlah 12 rakaat tersebut adalah bilangan maksimal dari rakaat sholat dhuha.

Jika kita tidak mampu atau tidak sempat untuk menjalankan sholat duha dengan 12 rokaat, kita bisa menjalankan dengan jumlah minimal, yaitu 2 rokaat. Sukur-sukur sih bukan ngambil yang minimal, misal ngambil yang 4, 6, atau 8 rokaat.

Bacaan Doa Sholat Duha

Bacaan doa ini yang disunnahkan oleh Rosululloh untuk dibaca setelah sholat duha. 
 

Bacaan Doa Sholat Duha Dalam Tulisan Latin

Allahumma innad dhuha’a dhuha’uka, wal baha’a baha’uka, wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ‘ishmata ishmatuka. Allahumma in kana rizki fis samai, fa anzilhu. Wa in kana fil ardhi, fa akhrijhu. Wa in kana mu‘siron, fa yassirhu. Wa in kana haraman, fa thahhirhu. Wa in kana ba‘idan, fa qarribhu bi haqqi dhuha’ika, wa baha’ika, wa jamalika, wa quwwatika, wa qudratika. Atini ma ataita ‘ibadakas shalihin.

Arti Doa Sholat Duha

Sangat penting untuk mengetahui arti dari doa yang kita baca, dengan mengetahui artinya maka ketika berdoa akan lebih khusyu. Insya Alloh dengan lebih khusyu dan sungguh-sungguh maka doa akan dikabulkan oleh Alloh SWT. Berikut adalah arti dari doa sholat duha.

“Tuhanku, sungguh waktu dhuha adalah milik-Mu. Yang ada hanya keagungan-Mu. Tiada lagi selain keindahan-Mu. Hanya ada kekuatan-Mu. Yang ada hanya kuasa-Mu. Tidak ada yang lain kecuali lindungan-Mu. Tuhanku, kalau rezekiku di langit, turunkanlah. Kalau berada di bumi, keluarkanlah. Kalau sulit, mudahkanlah. Kalau haram, gantilah jadi yang suci. Bila jauh, dekatkanlah dengan hakikat dhuha, keagungan, kekuatan, kekuasaan-Mu. Tuhanku, berikanlah aku apa yang Kau anugerahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.

Bacaan Niat Sholat Duha

Eit, sudah belajar dan menghafal doa sholat duha aja. Niatnya udah tahu belum. Kalau bagi teman-teman yang sudah terbiasa sih, jelas ini gak penting. Tapi bagi teman-teman yang belum terbiasa seperti saya, ada kalanya tidak tahu atau mungkin lupa dengan bacaan niat sholat duha. Nah untuk mengingatkan kembali, ini saya share bacaan nilat sholat duha.
bacaan niat sholat duha

Fadhilah atau Keutamaan Sholat Duha

Sholat duha sudah dikenal sebagai sholat pembuka pintu rizki. Maka banyak juga orang yang sedang kesulitan dengan masalah rizki kemudian rajin menjalankan sholat duha, tapi sayang ketika sudah diberikan kelapangan rizki kemudian tidak lagi menjalankan sholat duha. Yang terbaik sih, baik dalam kesempitan maupun kepalangan rizki, sholat duha tetap menjadi amalan setiap hari. Lebih lengkapnya, berikut adalah keutamaan sholat duha


1. Merupakan Pesan Rasulullah

Shalat dhuha adalah wasiat khusus dari Nabi kepada Abu Hurairah dan kepada seluruh umat beliau secara umum.” (Imam Thabari)

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu yang berkata, " Kekasihku (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam) memberikan pesan (wasiat) kepadaku dengan tiga hal yang tidak pernah aku tinggalkan hingga aku meninggal nanti. Yaitu puasa tiga hari setiap bulan, shalat dhuha, dan tidur dalam keadaan sudah mengerjakan shalat witir.” (Muttafaqun ‘Alaih. Al-Bukhari no. 1981. Muslim no. 721)

2. Dibangunkan Sebuah Rumah di Surga

Mereka yang rajin mengerjakan sholat dhuha maka akan dibangunkan sebuah rumah di dalam surga. Hal ini sesuai dengan isi hadis Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam: “ Barang siapa yang shalat dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (Shahih al-Jami’ No. 634)

3. Berpahala Seperti Orang Pergi Haji dan Umroh

Keutamaan shalat dhuha yang sebelumnya telah didahului shalat subuh berjamaah dan dzikir hingga terbit Matahari adalah seperti mendapat pahala seperti orang pergi haji dan umroh.

Diriwayatkan Anas bin Malik ra, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: " Barangsiapa melaksanakan shalat subuh berjama’ah kemudian ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga terbit Matahari, lalu ia mengerjakan shalat dua rakaat, maka ia seperti memperoleh pahalanya haji dan umroh.” (HR. Tirmidzi No. 586)

4. Termasuk Shalat Awwabin

Diantara keutamaan shalat dhuha yang lain adalah termasuk dalam shalat awwabin, yaitu sholatnya orang-orang yang taat. Rutin mengerjakan shalat dhuha menjadikan seseorang dicatat sebagai orang-orang yang taat.
Abu Hurairah ra meriwayatkan hadis dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam: “ Tidaklah seseorang menjaga shalat sunnah dhuha melainkan ia adalah awwab (orang yang kembali taat). Sholat dhuha ini adalah shalat awwabin." (HR. Ibnu Khuzaimah)

5. Dicukupkan Rezeki

Dalam hadits qudsi, Allah akan mencukupkan rezeki hamba-hamba-Nya yang mengerjakan sholat dhuha secara rutin.
Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “ Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad).
Direkomendasikan


Show EmoticonHide Emoticon

 

Start typing and press Enter to search