-->

Contoh Pidato Sambutan Ketua Panitia Peringatan Maulid Nabi (Muludan)

- Oktober 01, 2020
EYZA BLOG - Assalamu alaikum....

Halo teman-teman Eyza dimana saja....

Udah lama juga ya, saya gak nulis di blog ini. Eh, gak begitu lama juga sih ya, kan saya bulan September sudah nulis artikel yang berjudul Cara Mandi Wajib. 

Nah kali ini saya gak akan bahas masalah mandi wajib lagi ya, tapi saya akan share contoh pidato sambutan ketua panita peringatan maulid nabi. 

Kan kita tahu, sebentar lagi kita akan memasuki bulan Robiul Awal (bulan mulud), dimana di bulan tersebut secara umum uamt muslim akan memperingati kelahiran Nabi Akhir Zaman, yaitu Nabi Muhammad SAW.

contoh pidato sambutan ketua panita maulid nabi


Bagi yang sudah terbiasa berbicara di depan umum atau berpidato, mungkin tidak perlu sih contoh-contoh kaya beginian. Biasanya tinggal naik mimbar terus ngomong aja dengan lancar.

Tapi bagi sebagian orang yang belum terbiasa, atau mungkin bagi orang yang ingin pidatonya terarah maka harus membuat konsep. Nah, di sini teman-teman bisa mendaptkan contoh pidato tersebut.

Hal-hal yang harus ada pada pidato sambutan ketuan panitia

Kalau di dalam ibadah sholat, mungkin ini bisa dikatakan sebagai "rukun" mungkin ya. Jadi, bisa dikatakan rukun pidato sambutan ketuan panitia. Tapi ya jangan dianggap seperti itu juga, karena kalau hal-hal di bawah ini tidak ada juga tidak akan membuat sambutan pidatonya menjadi tidak syah atau batal. Hehe...

1. Mukadimah

Nah, kalau ini sepertinya sudah menjadi wajib lho ya. Sebuah pidato dalam bentuk apapun dan dengan bahasa apapun harus ada pembukanya atau mukadimahnya. Untuk sambutan pidato maulid nabi, tentunya sambutannya harus menggunakan bahasa Arab. Eit, tenang sudah saya siapkan contoh-contoh mukadimahnya. Silakan buka artikel saya tentang contoh mukimah pidato bahasa arab.

2. Ucapan Terima Kasih

Setelah sambutan, sebaiknya sebagai seorang ketua panitia memberikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan. Misal ucapan terima kasih kepada semua jajaran panitia, kepada warga masyarakat dan sebagainya.

3. Ucapan Selamat Datang

Ucapan selamat datang atau dalam bahasa jawa sugegn rawuh sangat perlu untuk menunjukkan adanya hubungan silaturahim antara penyelenggara dengan segenap jamaah. Kita tahu, bahwa kita sengaja mengundang banyak orang yang ikut dalam kegiatan maulid yang kita selenggarakan. Maka sebagai rasa hormat dan rasa bangga atasa kehadiran mereka, sangat perlu mengucapkan selamat datang sekaligus ucapan terima kasih kepada mereka yang sudah hadir dalam acara.

4. Ucapan Permohonan Maaf

Tentu kita menyadari bahwa tidak ada yang sempurna dari kekurangan dan kesalahan. Apalagi dalam sebuah penyelenggaraan selalu ada saja kekurangan. Maka sangat penting bagi seorang ketua panitia untuk mengucapkan permohonan maaf kepada segenap yang hadir atas ketidak sempurnaan dalam penyelenggaraan. Baik dari segi tempat, mapun hidangan.

5. Ucapan Selamat Mengikuti Kegiatan Sampai Selesai

Bagian terakhir, ucapkan selamat mengikuti kegiatan sampai selesai. Bisa juga dalam bagian ini seorang ketua panitia memberi tahukan siapa pengisi tausiyah dan tema apa yang akan disampaikan sehingga jamaah mendapatkan gambaran tentang apa yang akan disimaknya. 

Contoh Pidato Sambutan Ketua Panitia Maulid Nabi

Ini hanya sebagai referensi aja ya. Jadi, silakan untuk dikembangkan dan disempurnakan. Secara umum bagian-bagian penting seperti yang telah disebutkan datas sudah ada dalam contoh pidato berikut ini. Tapi mungkin tidak semua bagian ada, jadi bisa teman-teman sempurnakan sendiri. Oke, yuk kita lanjut akan ke contoh pidatonya.

Contoh Pidato 1


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah, alhamdulillahi rabbil 'alamin, wa bihi nasta'iinu 'alaa umuuriddunya waddiin, wash shalatu was salamu 'alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa 'ala aalihi wa sohbihi wa 'ash-habihi ajma'in, 'amma ba'du:

Yang saya hormati bapak KH....... Para alim ulama yang saya ta'ati, saudara, bapak, ibu hadirin dan hadirat  yang berbahagia. Pertama-tama marilah selalu kita panjatkan puji syukur yang sedalam-dalamnya kehadirat ilahi Rabbi yang telah memberikan rahmat, taufiq serta hidayah-Nya juga kesehatan dan kesempatan kepada kita sehingga kita bisa berkumpul di sini dalam rangka memperingati maulid Nabi Muhammad saw. tanpa ada suatu halangan apapun. Shalawat beserta salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada baginda nabi besar Muhammad saw. yang kita nantikan syafa'atnya di hari akhir kelak.

Selanjutnya saya sampaikan terimah kasih kepada pembawa acara yang telah memberikan kesempatan kepada saya, Atas nama panitia penyelenggara untuk menyampaikan sambutan dalam acara peringatan maulid Nabi saw. pada malam hari ini.

Hadirin sekalian yang saya hormati. Atas nama panitia penyelenggara kami menucapkankan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada seluruh pihak yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan peringatan mulid Nabi Muhammad saw. baik yang berupa tenaga ataupun harta benda, materiil maupun spiritual sehingga acara ini dapat terselenggara, semoga amal saudara,bapak dan ibu semua diterima oleh Allah swt. dan dicatat sebagai amal salih, sebagai bentuk kecintaan kita kepada Nabi Muhammad saw.

Dalam kesempatan memperingati hari-hari bersejarah semacam ini, hendaklah kita niatkan sebagai ungkapan syukur atas anugerah Allah SWT. yang telah menunjukkan jalan keselamatan bagi kita melalui nabi Muhammad saw. juga hendaklah kita niatkan sebagai penghormatan atas kecintaan kepada beliau, dengan tujuan agar lebih banyak lagi memperoleh teladan dan kisah perjuangan beliau untuk kita terapkan dalam perjalanan hidup kita sehari-hari agar kelak kita benar-benar mendapatkan syafa'at beliau. Sebagaimana disebutkan dalam hadist  Nabi saw. yang diriwayatkan oleh sahabat Anas bin Malik, bahwa beliau bersabda: "Barangsiapa yang mencintai sunnahku, maka sungguh ia telah mencintai aku, dan barangsiapa yang mencintai aku, maka ía akan bersamaku di dalam surga."

Dan terdapat hadis lain yang diriwayatkan oleh Aisyah r.a.: "Barangsiapa yang mencintai Rasulullah saw., tentu ía memperbanyak bershalawat kepada Nabi saw. sebagai buahnya adalah mendapatkan syafa'at beliau dan dapat menyertai beliau di dalam surga, amin."

Hadirin sekalian yang saya hormati. Tak lupa kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak, bila dalam penyelenggaraan ini masih terdapat hal-hal yang kurang berkenan dan atas segala kesalahan, serta kekhilafan kami, segenap panitia mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Akhirnya, atas namá panitia penyelenggara menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas partisipasinya dan mohon maaf atas segala kekhilafan dan kurang lebihnya. 

Wassalamu'alaikum warahmatullahiwabarakatuh..

----------------------------------------------------------------------------------------------------

Contoh Pidato 2

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdullllahi rabbil 'alamin, wa bihi nasta'iinu 'alaa umuuriddunya waddiin, wash shalatu was salamu 'alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa 'ala aalihi wa ash-habihi ajma'in, amma ba'du:

Kepada yang terhormat bapak KH.......Para alim ulama yang saya ta'ati, saudara, bapak, ibu hadirin dan hadirat sekalian yang berbahagia. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur yang sedalam-dalamnya kehadirat ilahi Rabbi yang telah memberikan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya juga kesehatan dan kesempatan kepada kita sehingga pada saat ini kita bisa berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhammad saw. (maulid Nabi saw.) tanpa ada suatu halangan apapun. Shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada baginda Muhammad saw. yang telah mengeluarkan manusia dari gelap gulita kekafiran menuju cahaya kebenaran yang terang benderang, yaitu agama Islam.

Selanjutnya saya sampaikan terimah kasih kepada pembawa acara yang telah memberikan kesempatan kepada saya, atas namapanitia penyelenggara untuk menyampaikan kata sambutan dalam acara peringatan maulid Nabi saw. pada malam hari ini.

Hadirin dan hadirat sekalian yang saya hormati. Atas nama panitia penyelenggara peringatan maulid Nabi besar Muhammad saw. kami menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan peringatan mulid Nabi Muhammad saw. baik yang berupa tenaga maupun harta benda, materil maupun spirituil sehingga acara ini dapat terselenggara pada malam hari ini, semoga amal saudara,bapak dan ibu semua diterima oleh Allah swt. dan dicatat sebagai amal salih, sebagai bentuk kecintaan kita kepada Nabi Muhammad saw.
Dalam kesempatan memperingati hari-hari bersejarah semacam ini, hendaklah kita niatkan sebagai ungkapan syukur atas anugerah Allah yang telah menunjukkan jalan keselamatan bagi kita melalui utusan-Nya; juga hendaklah kita niatkan sebagai penghormatan atas kecintaan kepada beliau, dengan tujuan agar lebih banyak lagi memperoleh suri teladan dan kisah perjuangan beliau untuk kita teapkan dalam perjalanan hidup kita sehari-hari agar kelak kita benar-benar mendapatkan syafa'at beliau. Sebagaimana disebutkan dalam sabda Nabi saw. yang diriwayatkan oleh sahabat Anas bin Malik, bahwa beliau bersabda: "Barangsiapa yang mencintai sunnahku, maka sungguh ia telah mencintai aku, dan barangsiapa yang mencintai aku, maka ía akan bersamaku di dalam surga."

Dan hadis lain yang diriwayatkan oleh Aisyah r.a.: "Barangsiapa yang mencintai Rasulullah saw., tentu ía memperbanyak bershalawat kepada Nabi saw. sebagai buahnya adalah memperoleh syafa'at beliau dan dapat menyertai beliau di dalam surga."

Hadirin dan hadirat sekalian yang saya hormati. Selanjutnya, tak lupa kami menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak, bila dalam penyelenggaraan ini terdapat hal-hal yang kurang berkenan dan atas segala kesalahan, kekhilafan serta kurang lebihnya kami, segenap panitia mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Akhirnya, sekali lagi atas namá panitia penyelenggara menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas partisipasinya dan mohon maaf atas segala kekhilafan dan kurang lebihnya. 

Ihdinasshirathal mustaqiim,tsummas salamu'alaikum warahmatullahiwabarakatuh..

------------------------------------------------------------------------------------------------------

Contoh Pidato 3

Assalamu'alaikum War. Wb.

Yang saya Hormati, Bpk/Ibu, Camat, Kepala Desa, Kelurahan,
Yang saya Banggakan Jajaran Panitia
Yang saya Hormati para Undangan..
dan Para Hadirin yang Insya Allah dimulyakan Allah Swt.

Alkhamdulillah hirobbil'alamin, wabihi nasta'inu 'alaa 'umurid dunya waddiin wassholatu wassalamu 'alaa ashrofil ambiyaa iwal mursaliin amma ba'du.

Pertama-tama marilah kita panjatkan Puji dan Syukur kita kepada Allah Swt' Karena pada sebuah kegiatan yang Mulia ini, yakni memperingati Hari Lahirnya baginda Nabi Besar Kita Muhammad Saw, betapa banyak rasa syukur kita kepada Allah Swt, yang telah memberikan Segala macam nikmatnya kepada kita semua sehingga kita semua dapat mengahadiri acara pengajian ini, husunya kami selaku panitia penyelenggara malam pengajian ini. Sholwat dan salam semoga terlimpahkan pada Nabi Muhammad Saw. Beserta Keluarga, shohabat, dan pengikutnya hingga pada kita sekalian.

Para Haridin yang kami muliakan.
Betapa banyak terima kasih kami kepada segenap masyarakat yang berpartisipasi, kepada semua jajaran panitia, dan semua yang telah mensukeskan acara mulid Nabi Muhammad Saw ini, semoga apa yang kita lakukan dan perbuat mendapatkan pahala dari Allah Swt, dan mendapatkan Hikmah yang besar daibalik perayaan hari lahir nabiana wahabibanaa Muhammad Saw. serta mendapatkan Syafaatnya di hari kiamat nanti. Amiin yaa Robbal 'alaamiin.
Kami selaku panitia sadar diri akan segala kekurangan yang kami sajikan kepada para hadirin, berkenaan dengan segala bidang yang bekaitan dengan acara ini, baik mengenai jamuan, hidangan yang tidak sesuai selera, ataupun suguhan acara yang mungkin tidak begitu meriah, namun kami telah mengupayakan dengan maksimal beserta rombongan panitia dan crew, akan tetapi keterbatasan kami selaku manusia biasa yang penuh dengan kekurangan dan keterbatasan, namun yang pasti apalah itu semua, yang terpenting adalah isi dari acara ini yakni menyambut hari kelahiran nabi kita Muhammad Saw.

Para Hadirin yang dimuliyakan Allah Swt.
Mengenai beberapa hal yang akan kami laporkan, terutama keuangan, akan kami rinci pada sebuah laporan pertanggung jawaban, dan kami mengucapkan terima kasih atas sumbangan, tenaga, materi dari para hadirin dan masyarakat untuk acara ini, mungkin dari kami cukup sekian mengingat waktu dan pentingnya acara ini, kami ucapkan terima ksih kepada MC yang telah memberikan waktunya untuk kami menyampaikan sepatah kata ini, kami atas nama panitia penyelenggara kegiatan mohon maaf yang sebesar besaranya jika ada salah kata, dan terima kasih atas perhatiaanya, akhir kata kami ucapkan.

Wassalamu'alaikum War. Wb.
Direkomendasikan


Show EmoticonHide Emoticon

 

Start typing and press Enter to search