-->

Doa Orang Tua Lengkap Arab, Latin dan Terjemah, Masih Hidup dan Meninggal

- Desember 22, 2020
EYZA BLOG -

Doa orang tua adalah doa yang dikhususkan untuk orang tua. Setiap anak yang sholeh dan sholehah tentu menginginkan kebaikan untuk orang tuanya, baik semasa hidup maupun setelah meninggal. Cara terbaik bagi seorang anak agar orang tua mendapatkan kebaikan adalah dengan berdoa kepada Alloh SWT agar orang tua diberikan segala kebaikan dari Alloh SWT.


Orang tua adalah mereka yang telah melahirkan kita ke dunia. Mereka sudah bersusah payah untuk membesarkan kita agar tumbuh menjadi anak yang sehat sehingga terus berkembang menjadi manusia-manusia terbaik baik dalam pandangan sesama manusia maupun pandangan Alloh SWT. Kesusah payahan mereka tidak akan bisa terbalaskan dengan materi sebanyak apapun. Hanya Alloh SWT saja yang mampu membalas semua kebaikan orang tua kita dengan kabaikan dari Alloh yang Maha Pengasih dan Penyanyang.

Nah dalam kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana cara mendoakan orang tua agar mereka mendapatkan kebaikan-kebaikan dari Alloh SWT.

Panduan Doa Orang Tua Lengkap Dengan Tata Caranya

Doa memang adalah hadiah terindah, tapi juga jangan terus melupakan kewajiban kita lainnya. Jika kita sudah dewasa dan mampu mencari nafah sendiri, maka sudah selayaknya kita menanggung nafkah orang taua terutama bagi anak laki-laki. Apalagi kalau memang orang tua sudah tidak mampu lagi mencari nafkah sendiri, maka kewajiban menafkahi orang tua jatuh kepada anak-anaknya.

Tidak hanya itu, ada hal yang lebih penting yaitu sikap atau perilaku kita kepada orang tua harus baik. Orang tua tidak hanya membutuhkan nafkah dari anak-anaknya tapi juga membutuhkan perlakuan yang baik dan membutuhkan kasih sayang tulus.

Doa Orang Tua Masih Hidup

Doa orang tua ada dua macam, yaitu doa orang tua untuk yang masih hidup dan meninggal. Meskipun ada doa yang sudah populer seperti di bawah ini :




Allahumma Fighfirlii Wa Liwaa Lidhayya Warham Humaa Kamaa Rabbayaa Nii Shaghiraa

Artinya: Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.

doa orang tua di atas sangat populer dan biasa dibaca baik untuk orang tua yang sudah masih hidup maupun meninggal. 

Namun tidak ada salahnya juga kalau membacakan doa secara khusus bagi orang tua yang sudah meninggal.

Doa Orang Tua Sudah Meninggal

Untuk teman-teman yang orang tuanya sudah meninggal ada hal-hal yang harus diperhatikan selain mendoakannya, yaitu :

  1. Melaksanakan amantnya, jika orang tua memberikan amanat
  2. Selalu menjaga nama baik orang tua, salah satu caranya dengan selalu memperbaiki akhlak kita sendiri
  3. Melanjutkan amalan-amalan baik orang tua semasa hidup
  4. Melanjutkan silaturahim dengan saudara dan kerabat orang tua semasa hidup
  5. Beramal sholeh dengan niat pahalanya untuk orang tua yang sudah meninggal, misal bersedekah, infak, waqaf yang pahalanya diniatkan untuk orang tua yang sudah meninggal
Tentunya masih banyak hal lainnya yang bisa dilakukan untuk orang tua yang sudah meninggal yang intinya adalah untuk menjaga nama baik orang tua, meninggikan derajat orang tua dan menambah pahala bagi orang tua. 

Nah berikut adalah doa yang bisa dibaca untuk orang tua yang sudah meninggal. Secara umum doa ini adalah untuk mayit, tapi tentu bisa dikhususkan untuk orang tua dengan niat mengkhususkan untuk orang tua dan diawali dengan fatihah yang dikhususkan juga untuk orang tua.

doa untuk orang tua

Allahummaghfir Lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Aa’fu ‘anhu Wa Akrim Nuzulahu Wa Wassi’ Madkhalahu, Waghsilhu Bil Maa i Wats-tsalji Walbarodi Wa Naqqihii Minal khathaa Ya Kamaa Yunaqqats-Tsawbul Abyadhu Minad Danas. Wa Abdilhu Daaran khairan Min Daarihii Wa Ahlan Khairan Min Ahlihii Wa Zawjan Khairan Min Zawjihi, Wa Adkhilhul Jannata Wa A ‘Idzhu Min ‘Adzaabil Qobri Wa Fitnatihi Wa Min ‘Adzaabin Naar.

Artinya:
Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran.

Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.

Direkomendasikan
 

Start typing and press Enter to search