-->

Tips Sukses Menghadapi Musibah, Untuk Mendapatkan Solusi

- November 05, 2020
EYZA BLOG -

Musibah adalah kejadian tidak menyenangkan yang menimpa seseorang. Kejadian yang tidak menyengkan ini bisa bisa datang dari alam berupa bencana alam, datang dari diri sendiri berupa penyakit, kesusahan ekonomi, dan masih banyak lagi hal-hal yang tidak menyengkan.

Musibah, sudah menjadi dari bagian kehidupan. Artinya, setiap makhluk hidup maka harus siap untuk mendapatkan musibah. Musibah bisa datang sebagai peringatan, ujian atau bahkan sebuah adzab atau siksa. Tentu, hal tersebu tergantung pada siapa musibah tersebut menimpa dan bagaimana cara menyikapinya.

Hal yang umum terjadi pada orang yang terkena musibah adalah perasaan sedih, kalut, gundah gulana dan bahkan bisa berujung pada keputus asaan. Na'udzubillahi min dzaalik..

Semoga kita semua terhindar dari sikap berputus asa dari rahmat Alloh SWT. Karena tidak putus asa kecuali orang-orang kafir.

Kita yang mengaku ber-Tuhan selalu memiliki harapan, karena Tuhan sebaik-baik tempat berharap.

Setiap ujian yang Alloh turunkan, pasti ada jawabannya. Artinya, setiap musibah yang Alloh turunkan kepada manusia pasti ada jalan keluar atau solusinya.

Lalu bagaimana cara mendapatkan solusi terbaik atas bimbingan Alloh SWT?

Cara menghadapi musibah agar mendapatkan solusi terbaik

1. Menyadari bahwa ujian atau cobaan datang dari Alloh dan atas izin Alloh

Tidak ada satupun kejadian di alam semesta ini, kecuali atas sepengetahuan dan izin Alloh SWT. Maka sikap terbaik sebagai manusia yang beragama adalah menyadari dengan sepenuhnya bahwa cobaan, ujian dan musibah datangnya dari Alloh SWT. Tidak ada sehelai daunpun yang jatuh ke tanah, kecuali itu atas izin Alloh, apalagi musibah yang menimpah kita, sudah pasti itu sudah ada dalam catatan lauhul mahfudz-Nya.

2. Tidak berburuk sangka kepada Alloh

Setelah kita menyadari bahwa musibah datang dari Alloh, maka sikap berikutnya adalah selalu berbaik sangka kepada Alloh SWT. Perlu kita bahwa Alloh (Tuhan) itu sebagaimana sangkaan hamnba-Nya. Jika kita menyangka bahwa Alloh itu murka kepada kita, bahwa Alloh itu menyika kita, maka itulah yang akan kita dapatkan. Maka musibah akan menjadi lebih buruk dan tidak akan mendapatkan solusi. Lain halnya jika kita berpikir bahwa musibah datang dari Alloh sebagai bentuk kasih sayang Alloh, mungkin selama ini kita jarang atau bahkan tidak pernah mengingat-Nya, maka karena Alloh masih sayang kepada kita kemudian Alloh turunkan musibah agar kita kembali mengingat-Nya. Maka jiak demikian, saat musibah menimpa itulah saatnya kita kembali kepada Alloh dan pasti Alloh akan memberikan solusi terbaik.

3. Istighfar atau mengingat Alloh

Istighfar adalah cara kita memohon ampunan kepada Alloh SWT. Mungkin selama ini kita jauh dari Alloh, mungkin selama ini kita sering bermaksiat, sehingga kemudian Alloh menurunkan musibah. Atau mungkin bisa juga musibah datang untuk menguji keimanan kita kepada Alloh SWT. Apapun itu, maka solusi terbaiknya adalah memohon ampun kepada Alloh SWT. 

4. Sabar dalam menghadapi ujian

Sabar adalah sikap seseorang yang menerima dengan iklhas segala ketentuan Alloh SWT dan terus bergerak untuk mencari solusi. Sabar bukan sikap pasrah tanpa usaha. Sabar bukan sikap diam tanpa bekerja. Maka bagi kita yang mengaku sabar dengan musibah yang sedang menimpa, adalah terus berusaha mencari solusi terbaik dengan hanya bergantugn kepada Alloh SWT. Tentu jalan ikhtiar bisa melalui apa saja. Bisa melalui bertanya dan meminta tolong kepada saudara, teman, kerabat. Tapi kita harus sadar bahwa hakekatnya pertolongan hanya datang dari Alloh SWT. Karena tidak akan ada pertolongan kecuali atas izin Alloh SWT sebagaiman tidak ada musibah kecuali atas izin Alloh SWT. Kalaupun ada orang yang memberikan pertolongan, hakekatnya Alloh lah yang telah menggerakan orang tersebut untuk menjadi penolong.

5. Tawakal atau berserah diri hanya kepada Alloh

Terakhir, berserah diri, tawakal, bergantung hanya kepada Alloh SWT. Setelah segalam usaha dijalankan, doa dipanjatkan, maka terakhir gantungkan harapan kepada Alloh SWT. Kita sebagai manusia hanya wajib berusaha, tapi hasil Alloh yang menentukan. 

Sebaik-baik solusi adalah solusi dari Alloh SWT yang diperuntukkan bagi mereka yang bertakwa. Barang siapa bertakwa, maka Alloh akan memberikan jalan keluar (solusi), barang siapa bertakwa kepada Alloh SWT, maka Alloh akan memberikan rizki dari jalan yang tidak disangka-sangka, barang siapa bertakwa kepada Alloh SWT, maka Alloh akan mencukupinya. Inilah janji Alloh, maka bertakwalah.
Direkomendasikan


Show EmoticonHide Emoticon

 

Start typing and press Enter to search