-->

5 Amalan Pembuka Rizki, Sudah Banyak Yang Membuktikan

- Oktober 23, 2020
EYZA BLOG - Membuka pintu rizki adalah sebuah ikhtiyar untuk mendatangkan rizki yang sesungguhnya sudah disediakan oleh Alloh SWT. Sudah kita yakini besama bahwa seetiap makhluk hidup rizkinya sudah ditanggung oleh Alloh SWT. Bahkan, makhluk di muka bumi ini tidak akan binasa sebelum Alloh menyempurnakan rizkinya.

Meskipun demikian, makhluk hidup teruama manusia yang dibekalai akal wajib berikhtiyar atau berusaha untuk mendapatkan rizki atau lebih tepatnya untuk menyemput rizki yang sudah Alloh sediakan. Rizki sudah Alloh sediakan, tapi Alloh memberikan kebebasan kepada manusia untuk mengambilnya atau tidak dan bebas memilih jalan mana yang akan ditempuh untuk mendapatkan rizki tersebut.

Sebagai manusia beragama, tentu dalam berusaha mendapatkan rizki diikat oleh aturan-aturan. Yang mana aturan-aturan tersebut dibuat untuk menyelamatkan manusia dari jalan sesat yang selalu ditawarkan oleh iblis dan para pengikutnya. 

Prinspip dalam mencari rizki, tidak hanya banyaknya tapi kebaikan dari rizki tersebut juga harus dipertimbangkan. Maka jalan yang ditempuh juga harus jalan yang baik, yaitu jalan yand diridhoi Alloh SWT. Rizki yang diperoleh harusnya semakin mendekatkan manusian kepada Sang Kholiq, bukan menjadikannya lalai dari menyembah Alloh.

Pertanggung jawaban rizki di hadapa Alloh SWT lebih detail, karena akan ditanya dariman rizki didapatkan, dengan cara apa rizki didapatkan dan keman rizki dibelanjakan.  \

Ikhtiyar mutklak dibutuhkan untuk mendapatkan rizki yang diharapkan. Bentuk-bentuk usapa atau ikhtiyar juga banyak cara, bisa melalui perdagangan, pertanian, perkembunan, bekerja menjadi karyawan, menjadi pegawai dan masih banyak lagi. Apapun itu, yang penting jenis usaha tersebut adalah halal sehingga bisa menghasilkan rizki yang halal juga.

Selain ikhtiyar yang secara umum sudah difahami, ada juga cara-cara atau bisa disebut sebagai amalan untuk membuka pintu rizki atau amalan-amalan untuk memudahkan mendatangkan rizki. Amalan-amalan ini sudah sering diberitahukan dalam ceramah-ceramah keaagmaan, tapi tidak banyak yang kemudian mempraktikkannya.

Nah, dalam tulisan kali ini, saya ingin memberikan nasihat untuk diri saya sendiri dan tentu untuk para pembaca yang sudi mengambil hikmah dari tulisan ini.


5 Amalan Untuk Membuka Pintu Rizki Dari Segala Arah

Ada lima amalan yang sudah umum dilakukan oleh mereka-mereka yang sudah sukses menikmati rizki yang halal dan baik. Bahkan amalan-amalan ini sering juga menjadi materi para motivator untuk memberikan suport kepada audien agar lebih bersemangat dalam mencari rizki.

1. Buka Jalan Rizki Dengan Perpanjang Tali Silaturahim

Silaturahim atau kalau saya sederhanakan adalah ikatan persaudaraan. Yang dimaksud saudara disini bukan hanya saudara karena satu nasab (satu keturunan) tapi bisa saudara satu agama, saudara satu bangsa bahkan saudara sesama manusia. 

Artinya, dalam menjalin persaudaraan harus lebih luas. Sepanjang untuk kebaikan maka menjalin persaudaraan bisa dengan siapa saja tanpa harus memandang perbedaan agama, suku, bangsa apalagi garis keturunan. 

Dengan memperpanjang tali silaturaim, maka Alloh akan meluarkan rizki. Hal ini sangat masuk diakal, karena dengan banyak saudara akan banyak jalan rizki. 

5 amalan membuka pintu rizki
Artinya;

Dari Anas bin Malik ra berkata: bahwa Rasulullah Saw. bersabda: ”Bagi siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menjalin hubungan silaturrahim.” (HR. Muttafaq Alaih)

Penjelasan:

Silaturahim merupakan sarana untuk memperoleh ridho dan pahala dari sisi Allah, sakaligus sebagai media untuk mendapatkan kelapangan rizki di dunia. Hadits Rasulullah Saw. menasihati kita, bahwa siapa yang ingin dilapangkan rizkinya oleh Allah dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia mempererat jalinan silaturahim dengan saudara-saudaranya dengan cara berbuat baik, menyayangi dan tidak memutuskan persaudaraan dengan mereka. lni semua adalah dinilai sebagai shadaqah oleh Allah swt.


2. Percepat Dengan Sedekah

Sedekah, adalah memberikan sesuatu kepada orang lain tanpa ada aturan jumlah dan ketentuan hitungan tahun. Beda dengan zakat, maka ada ketentuan ukuran (nisob) dan rentang waktu (haul). 

Sedekah sangat banyak manfaatnya, diantaranya dalah sebagai penolak bala, penghapus dosa, pembersih rizki, danpahala yang banyak dari Alloh SWT. 

Banyak kisah yang menunjukkan keajaiban sedekah. Misal, orang yang sakit parah kemudia Alloh mengangkat penyakitnya karena sedekah, Alloh meluaskan rizki seseorang karena orang tersebut rajin sedekah.

Dengan sedekah, kita tidak akan menjadi miskin, tapi justu akan semakin memperkaya diri kita. Ibarat sebuah sumur, jika air dalam sumur tidak pernah diambil airnya, maka sampai kapanpun air tersebut tidak akan pernah meluap sampai ke atas tapi volume air akan tetap bahkan menjadi kotor. Lain halnya kalau sumur tersebut setiap hari diambil airnya, maka aliran air akan semakin deras dan airnyapun menjadi bersih. Begitulah perumpamaan orang yang menyedkahkan sebagian hartanya, Alloh akan menggantinya dengan yang lebih banyak dan lebih baik.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, Allah Ta'ala berfirman:

أَنْفِقْ يَا ابْنَ آدَمَ أُنْفِقْ عَلَيْكَ

"Berinfaklah wahai anak Adam, niscaya Aku berinfak kepadamu" (Muttafaq 'Alaih).

Maknanya adalah Aku beri ganti yang lebih baik untukmu. Ini selaras dengan firman Allah Subhanahu wa Ta'ala:

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ

"Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya" (Qs Saba' 39).

3. Perbanyak Rizki Dengan Membaca Sholawat

Sholawatin aja. Ini yang menarik perhatian saya ketika mendengarkan ceramah Ustadz Yusuf Mansur. Begitu entengnya ketika beliau memberikan nasihat kepada kita yang mengiginkan sesuatu, maka sholawati aja. Hehehe....

Kalau saya secara pribadi sih yakin, kalau sholawat memang bisa digunakan untuk mendatangkan rizki atau membuka pintu rizki. 



قال النبي صلى الله عليه وسلم: {مَنْ صَلَّى عَليَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرًا}.


Nabi saw. bersabda, “Siapa yang membaca shalawat atasku satu kali, maka Allah akan bershalawat (memberikan rahmat) untuknya sepuluh kali.”




وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ صَلَّى عَلَيَّ فِيْ يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ قَضَى اللهُ لَهُ مِائَةَ حَاجَةٍ سَبْعِيْنَ مِنْهَا لِآخِرَتِهِ وَثَلاَثِيْنَ مِنْهَا لِدُنْيَاهُ}.


Nabi saw. bersabda, “Siapa yang bershalawat atasku dalam sehari seratus kali, maka Allah akan menyelesaikan kebutuhannya tujuh puluh di antaranya untuk akhiratnya dan tiga puluh darinya untuk dunianya.:

4. Kerjakan Sholat Dhuha Secara Istiqomah

Sudah menjadi rahasia umum deh kalau sholat dhuha adalah sholat sunat pembuka pintu rizki. Maka tidak sedikit orang yang sengaja sholat dhuha denga niatan semata-mata karena ingin mendapatkan limapah rizki dari Alloh SWT. 

Meskipun mungkin kurang tepat, karena sholat diniatkan hanya untuk harta semata, sedangkan yang benar adalah segala bentuk ibadah harus karena Alloh SWT, tapi secara umum orang memang memaknainya seperti itu. Hehe....

Mungkin ini gak salah juga, karena memang Alloh yang menjanjikan bagi mereka yang melaksanakan 4 rokaat sholat dhuha maka Alloh akan mencukupinya.

Berikut saya kutip hadits yang dimuat di website rumaysho.com :

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تَعْجِزْ عَنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ

Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka’at shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (HR. Ahmad, 5: 286; Abu Daud, no. 1289; At Tirmidzi, no. 475; Ad Darimi, no. 1451 . Syaikh Al-Albani dan Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Dari Uqbah bin Amir Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah ‎shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَقُولُ يَا ابْنَ آدَمَ اكْفِنِى أَوَّلَ النَّهَارِ بِأَرْبَعِ رَكَعَاتٍ أَكْفِكَ بِهِنَّ آخِرَ يَوْمِكَ

Sesungguhnya Allah berfirman: “Wahai ‎anak adam, laksanakan untukKu 4 rakaat di awal siang, Aku akan cukupi ‎dirimu dengan shalat itu di akhir harimu.” (HR. Ahmad, 4: 153. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth berkata bahwa sanad hadits ini shahih. Perawinya tsiqah termasuk dalam jajaran perawi kitab shahih kecuali Nu’aim bin Himar termasuk dalam perawi Abu Daud dan An-Nasa’i).‎

5. Perkaya Dengan Membaca Surat Waqiah

Membaca surat waqiah bisa mendatangkan rizki. Saya adalah orang awam yang hanya mengikuti apa yang diajarkan oleh para guru, ada guru ngaji saya memberikan informasi bahwa memabca suart waqiah bisa menjadi sarana untuk membuka pintu rizki lebih luas.

Tentang khasiat surat waqiah sebagai pembuka pintu rizki, juga sudah tidak asing lagi bagi sebagian kita. Karena dalam ceramahnya Ustadz Yusuf Mansur juga sering merekomendasikan agar kita sering membaca Al-Mulk dan Waqiah. Ditambah lagi dengan testimoni-testimoni orang-orang yang sukses, dan mereka mengakui menjadikan surat waqiah sebagai sarana mendekatkan diri kepada Alloh SWT untuk mendapatkan limpahan rizki.

Maaf, jika dalam hal ini banyak yang gak sefaham. Karena memang banyak juga ulama yang menyampaikan bahwa hadis-hadis yang digunakan oleh para pengamal (orang yang mengamalkan) surat waqiah sebagai pembuka pintu rizki adalah hadis yang lemah bahkan palsu. 

Stop!!! Saya tidak akan membahas itu, karena itu diluar kemampuan saya. Kalau mau membahas hadis silakan datang kepada guru yang dianggap mumpuni dalam hal ilmu hadis.

Disni saya hanya menyampaikan apa yang disampaikan oleh guru ngaji dan banyak juga yang menagamalkannya.

Direkomendasikan
 

Start typing and press Enter to search