-->

Peluang Bisnis, Ini Kunci Mendapatkan Peluang Bisnis Yang Menguntungkan

- November 14, 2020
EYZA BLOG - Peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Inilah yang selalu dicari oleh orang-orang yang akan memulai bisnis. Memang, yang namanya ide itu mahal. Karena berawal dari sebuah ide, sebuah usaha atau bisnis bisa dijalankan. Tanpa ide, seberapapun modal yang dimiliki maka akan berjalan tanpa arah.

Tidak sedikit orang yang berpikir keras untuk mendapatkan peluang bisnis yang mudah dijalankan, bisa dimulai dengan modal kecil atau bahkan kalau bisa tanpa modal dan bisa memberikan penghasilan jutaan rupiah. Namun terkadang, meskipun sudah berpikir keras bahkan sampai mencari inspirasi ke tempat sepi, ide untuk memulai bisnis belum muncul juga.

Oke, yuk kita cari ide peluang bisnis bersama-sama. Kita gak perlu fokus pada bisnis online atau ofline. Saat ini sebuah bisnis bisa dijalankan baik secara ofline maupun online. Apapun jenis bisnisnya, asal anda bisa menguasai dunia digital, maka anda bisa mengonlinekan bisnis ofline anda atau sebaliknya bisnis online anda juga bisa dijalankan secara ofline.

Cara Mudah Mencari Peluang Binsis

Untuk mendapatkan peluang bisnis sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Peluang bisnis ada di sekitar kita. Sangat dekat dengan keseharaian kita, dan bahkan kita juga pernah membutuhkan dari sebuah bisnis atau usaha yang bisa memenuhi kebutuhan kita.

Yup, betul sekali. Cara mendapatkan peluang bisnis adalah dengan mencari apa yang dibutuhkan oleh khalayak.

Semua orang memiliki kebutuhan, tapi tidak semua orang bisa memenuhi kebutuhannya secara mandiri. Itu artinya setiap orang membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. Nah ketidak mempuan sebagai orang dalam memenuhi kebutuhannya, inilah yang menjadi peluang bisnis bagi sebagiannya lagi.

Misal, orang memiliki HP tapi ketika HP yang digunakan mengalami error, maka tidak semua orang bisa mengatasi masalah HP nya tersebut. Nah, ini artinya sudah membuka satu peluang bisnis, yaitu bisnis perbaikan HP.

Conth lagi, semua orang pasti suka makan dan hampir semua orang mungkin bisa memasak makanannya sendiri. Tapi meskipun demikian, tidak semua orang bisa memenuhi kebutuhan bumbu masanya sendiri. Nah dari kebutuhan ini maka membuka satu peluang bisnis lagi, yaitu bisnis penyediaaan bahan-bahan bumbu masak.

Kebutuhan orang itu sangat banyhak variannya lho. Mulai dari kebutuhan keseharian seperti papan, sandang dan pangan sampai pada kebutuhan yang sifatnya temporer dan berkesan istimewa seperti hiburan dan wisata bahkan kebutuhan untuk memenuhi keperluang peribadatan.

Iya sih, peluang bisnis yang berkaitan dengan kebutuhan-kebutuhan manusia sangat banyak, tapi kan sudah banyak orang yang menjalankannya. 

Saya ingin sebuah peluang bisnis yang belum dijalankan oleh orang lain agar tidak ada saingannya.

Waduh, kalau yang dicari kaya gitu mungkin sangat sulit. Karena hampir semua kebutuhan manusia sudah ada pengusaha yang menyediakannya. 

Eh tapi nyataknya, meskipun banyak orang yang menjalankan bisnis yang sama mereka bisa tetap mendapatkan penghasilan. Cuma ada yang bisa bertahan atau mungkin tumbah ditengah perjalanan.

Nah, agar sebuah bisnis tetap eksis maka harus ada treatmen khusus agar bisa memenangkan pesaingan.

Cara Memenangkan Persaingan Bisnis

Untuk bisa bertahan dalam persaingan sebuah bisnis, maka seorang pebisnis harus memberikan sentuhan khusus pada bsinis yang dijalankannya. Berikut hal-hal yang bisa dijalankan agar bisnis bisa tetap berjalan ditengah persaigan dan perubahan jaman.

1. Berikan Nilai Tambah Pada Bisnis Yang Dijalankan

Semua orang bisa menjalankan bisnis yang sama, tapi tidak semua orang bisa memberikan nilai tambah. Yang dimaksud nilai tambah adalah memberikan hal baru yang lebih bermanfaat dari manfaat dasar, atau memberikan kepuasan lebih dari kepuasaan standarnya.

Nilai tambah juga bisa disebut sebagai bonus bagi para pelanggan. Kata bonus ini satu kata sakti yang bisa menghipnotis para calon pelanggan. Misal ada dua penjual es menjual esnya dengan cara berikut :

PENJUAL 1 : MENJUAL ES BUAH DENGAN HARGA Rp. 3.000 TANPA ADA TULISAN BONUS

PENJUAL 2 : MENJUAL ES BUAH DENGAN HARGA Rp. 6.000 TAPI UNTUK SETIAP PEMBELIAN 1 GELAS DIA MEMBERIKAN BONUS GRATIS 1 GELAS 

Nah dari ilustrasi kedua penjual es buah di atas, sebenarnya kedua-duanya sama-sama menjual es buah dengan harga Rp. 3.000/gelas, tapi biasanya orang akan lebih memilih penjual yang memberikan GRATIS 1 GELAS. 

Kalau dari segi keuntungan, kedua-duanya mendapatkan keuntungan yang sama, tapi saya yakin yang lebih cepat habis terjual adalah penjual 2, karena setiap pembeli akan membeli minimal 2 gelas.

Nilai tambah juga bisa diberikan dalam bisnis jasa. Misal jasa laundri memberikan nilai tambah dengan cara antar jemput cucian.

2. Bangun Suasana Kekeluargaan Dengan Para Pelanggan

Seorang konsumen tidak hanya ingin kebutuhannya terpenuhi, tapi dia juga ingin mendapatkan perlakuan yang baik bahkan ingin dianggap sebagai teman atau bahkan keluarga. Dengan ada ikatan pertemanan, kekeluargaan maka para pelanggan biasanya akan sulit untuk pindah ke lain hati. Hehe...

Untuk membantun suasana kekeluargaan kita bisa menyambutnya dengan hangat setiap pelanggan datang atau menyapanya dengan hangat meskipun hanya melalui chat WA, facebook, telegram atau media komunikasi lainnya.

Pada momen-momen tertentu, kita juga bisa menyapa mereka dengan penuh kekeluargaan. Misal pada saat pelanggan ulang tahun kita ucapkan selamat ulang tahun secara khusus, pada saat idul fitri kita ucapkan selamat idul fitri. 

Perlu diingat, kalau kita mengucapkan selamat via chat, pastikan bahwa kita menyebut namanya. Karena dengan menyebut namanya, misal dengan sebutan Bapak Fulan, Ibu Fulanah, Saudar/Sudari Fulan maka pelanggan merasa dispesialkan. Jadi hindari broadcast masal tanpa menyebut namanya secara khusus. Karena chat dengan type seperti ini menjadi tidak berharga di mata pelanggan. Karena mereka tahu, bahwa chat yang kita kirim adalah chat massal.

3. Up to date (Mengikuti Perkembangan Jaman dan Tekonologi)

Ini yang sangat penting. Sipapun kita, apapun  bisnis yang kita jalankan, kita harus bisa beradaptasi dengan setiap keadaan jaman. Karena jaman terus berubah, maka yang tidak mengikuti perubahan akan menjadi masa lalu (ditinggalkan).

Contoh nyata di depan mata kita. Dulu HP nokia, siemen, motorola, LG dan lainnya begitu lekat di hati para pengguna ponsel, bahkan nokia menjadi raja ponsel di jamannya. Tapi saat ini, coba cari tahu berapa orang yang menggunakan HP nokia. Ketika android menggantikan OS ponsel sebelumnya seperti java dan simbian, maka kini smartphone menjadi primadona.

Kemudian, merek-merek yang menjadi pengusa smartphone pun merupakan merek-merek yang mana di jaman jaya-jayanya nokia tidak pernah kita ketahui. Misal ada OPPO, VIVO, XIOMEI dan sederet merek smarphone lainnya benar-benar telah menenggelamkan kejayaan nokia. Apalagi siemen, saat ini hampir tidak pernah kita lihat ada dipajangan toko ponsel. Hehe...

Jadi, kuncinya dalah hanya mereka yang bisa beradaptasi dengan perubahan jamanlah yang bisa bertahan.

Untuk para pedagang juga demikian, kalau dulu cukup buka lapak di pinggir jalan dan bisa sukses menghasilkan uang melimpah, tapi saat ini untuk bisa mendapatkan penghasilan melimpah harus beralih ke buka lapak di market place, di media sosial atau di web dan blog pribadi.

Oke, itu deh obrolan kita tentang peluang bisnis. Kesimpulannya adalah, untuk mendapatkan peluang bisnis itu sangat mudah, tapi untuk memulainya apalagi untuk bisa bertahan itu yang tidak mudah dan tidak semua orang bisa survive.

Selanjutnya tunggu aja deh pembahasa lainnya tentang peluang bisnis, jangan lupa like dan share agar saya tetap semangat menulis artikel-artikel untuk teman-teman pembaca.
Direkomendasikan


Show EmoticonHide Emoticon

 

Start typing and press Enter to search