-->

Perkembangan Terbaru Peluang Bisnis di Desa Paling Menguntungkan

- November 18, 2020
EYZA BLOG - Jaman terus berubah. Perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi telah mengubah banyak perubahan pada pola hidup manusia. Jangan pernah berpikir bahwa orang-orang desa saat ini sama dengan orang-orang desa pada zaman dulu.

Orang desa zaman dulu identitk dengan karakternya yang lugu, jaduh dari sentuhan modernisasi, tidak kenal teknologi dan tidak tersentuh perubahan zaman. Pola hidupnya cenderung bergantung pada alam, mandiri (tidak bergantung pada orang lain) dan hidup sederhana apa adanya.

Gambaran tersebut merupakan gambaran kehidupan orang desa zaman dulu, tapi zaman sekarang sudah berbeda. Orang-orang desa tidak jauh berbeda dengan orang-orang kota, bahkan kalau dibandingkan dengan orang-orang kota yang kehidupan ekonominya menengah ke bawah, orang desa bisa dikatakan gaya hidupnya lebih tinggi.

Rumah-rumah di desa sebagian besar sudah permanen dan memiliki desain rumah yang modern. Transportasi, hampir semua penduduk desa kini memiliki alat transportasi sendiri, bahkan ada yang memiliki lebih dari 1 mobil. Makanan, orang-orang desa kini menyukai makanan-makanan yang dulu hanya orang-orang kaya di kota saja yang makan. Dari segi kapaian dan perhiasan, orang-orang desa bisa dikatakan lebih glamor. 

Nah dari segala perubahan yang terjadi tersebut, maka pelung bisnis baru juga terbuka bebesa di desa-desa. Kalau dulu, mungkin peluang bisnis masih hanya mengandalkan bisnis hasil bumi, tapi kini bisnis-bisnis kreatif juga sudah dijalankan oleh orang-orang desa.

Nah, kira-kira pelung bisnis di desa yang paling potensial memberikan untung besar apa? Yuk kita ulik sedikit, siapa tahu bisa memberikan inspirasi para kita yang akan memulai sebuah bisnis baru di desa.

Pelung Bisnis Terbaru di Desa Sesuai Zaman

Meskipun bisnis-bisnis lama masih bisa tetap bertahan, tapi tidak ada salahnya untuk membuka peluang bisnis baru di desa. Terutama untuk para generasi milenial, maka pelung-peluang bisnis ini sangat cocok.

1. Bisnis Wisata

Bisnis wisata? Emang orang desa saat ini suka berwisata. Wow, jangan salah, kini orang-orang desa juga suka berpetualang, suka berdarma wisata, baik itu wisata religi maupun wisata hiburan. Dari kebutuhan orang desa akan wisata ini, membuka pelung bisnis baru, misal peluang bisnis traveling dan bisnis tempat wisata.

Kita bisa membuka bisnis agen wisata. Misal dengan membuka bisnis tour wisata ke beberapa kota yang selama ini menjadi icon wisata di derah. Untuk memenuhi kebutuhan akan wisata religi, bisa dengan membuat paket wisata ziaroh.

Bagi anda para pemilik modal, bisa juga membuka obyek wisata di desa. Saat ini banyak sekali orang-orang kota yang sudah jenuh dengan hiruk pikuk kota. Alhasil mereka akan mencari hiburan dengan berwisata ke desa-desa. Maka membuka obyek wisata di desa adalah peluang bisnsis yang sangat potensial.

2. Bisnis Pendidikan

Kesadaran masyarakat desa akan pendidikan semakin tinggi. Hal ini terbukti semakin banyak orang-orang desa yang melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah menengah atas bahkan tidak sedikit yang sampai lulus sarjana. 

Orang-orang tua di desa saat ini menginginkan anak-anaknya memiliki masa depan yang lebih baik dari mereka. Mereka tidak akan segan-segan mengeluarkan uang besar untuk kebutuhan pendidikan anaknya.

Hal ini merupakan peluang bisnsi baru di desa yang bisa dimulai saat ini juga, yaitu bisnis les privat. Sebagian besar orang tua di desa tidak memiliki kemampuan membimbing anaknya belajar, maka jika ada jasa bimbingan belajar di desa, tentu mereka akan sangat diuntungkan, karena tidak perlu pergi jauh ke kota untuk mendapatkan bimbingan belajar.

3. Bisnis Jasa Laundry
Mungkin kita masih berpikir apa betul bisnis laundry di desa bisa berjalan. Hmmm.... saya juga sebelumnya ragu sampai akhirnya saya melihat sebuah bisnis laundry di sebuah desa terpencil dan nyatanya ramai pelanggan.

Kalau orang-orang tua mungkin masih mau bersikap prihatin dengan mengerjakan semua keperluan hidupnya sendiri, tapi bagi para generasi 90-an ke sini sudah banyak juga yang prinsip hidupnya yang penting bisa menghasilkan uang sebanyak-banyaknya sedangkan untuk keperluan lainnya mereka akan mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar jasa, termasuk jasa laundry.

4. Bisnis Kuliner
Rumah makan atau warung makan mungkin dulu hanya ada di kota-kota saja. Tapi kini juga ada di desa-desa lho. Mulai dari warung bakso, mie ayam, siomay, sempol, bahkan sampai warung nasi ada di desa.

Hal ini karena dipengaruhi oleh gaya hidup orang desa yang mulai suka dengan yang serba instan. Kalau ada yang tinggal makan kenapa harus repot-repot masak. Nah pola pikir inilah yang kemudian menjadi peluang bisnis mereka-mereka yang suka atau hobi masak.

Selain itu, orang-orang kota juga semakin banyak yang tertarik untuk melakukan perjalanan atau touring ke desa-desa. Nah yang namanya orang touring sudah pasti butuh makan, maka membuka warung makan di desa sangat potensial sebagai peluang bisnis yang sangat menguntungkan.

5. Binis Keuangan
Orang-orang desa banhyak yang mencari penghidupan di kota-kota besar bahkan sampai ke luar pulau. Untuk bisa mengirimkan uang ke keluarga yang ditinggalkan, mereka biasanya akan mengirim via wesel, western union atau transfer bank.

Sekarang, hampir semua masyarakat desa memiliki rekening bank, tapi jarang rumah ke bank atau ATM untuk mengambil uang jaraknya sangat jauh. Tentu orang-orang desa akan sangat bahagia kalau mereka bisa mengambil uang yang ada di bank secara cepat karena jaraknya yagn dekat.

Nah, hal ini sebuah peluang bisnis keuangan yang menggiurkan. Misal kita membuat bisnis dengan pencairan uang untuk masyarakat desa. Namun tentu untuk menjalankan bisnis ini kita harus menyediakan uang tunai dalam jumlah banyak agar yang membutuhkan bisa mengambil uang kapan saja.

6. Bisnis Telekomunikasi
Nah ini yang paling menarik. Kita tahu bahwa sekarang kebutuhan komunikasi jarak jauh menjadi kebutuhan setiap manusia. Maka tak heran kalau hampir semua orang termasuk orang-orang desa sekarang memiliki gadget. Tidak tanggung-tanggung, orang-orang desa juga memiliki smartphone (HP Pintar) denagn spesifikasi tinggi.

Hal ini karena HP sekarang tidak hanya dijadikan sebagai alat komunikasi tapi juga menjadi alat hiburan. Dari gaya hidup ini, maka peluang bisnsi terbaru di desa yang sangat menguntungkan adalah dengan jualan HP, pulsa dan kuota. Tidak hanya itu, bisnis WiFi juga sekarang pasti menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan di desa.

Nah itulah kira-kira peluang bisnis terbaru di desa yang sangat menguntungkan, semoga informasi ini menjadi inspirasi bagi anda yang saat ini bingung di desa mau membuka usaha apa. Kuncinya adalah ACTION atau MULAI AJA DULU. Segala sesuatunya akan ketemu setelah dimulai.

Direkomendasikan


Show EmoticonHide Emoticon

 

Start typing and press Enter to search