-->

Cara Mandi Wajib, Fardlu, Niat dan Tata Caranya

- September 09, 2020
EYZA BLOG - Mandi wajib bagi orang yang masih hidup adalah mandi yang dikhususkan untuk menghilangakan hadats besar. Karena ini adalah mandi khusus yang ada kaitannya dengan syah dan tidaknya ibadah lainnya, seperti ibadah sholat maka mandi wajib memiliki tata cara dan aturannya sendiri.

Berbeda dengan mandi biasa yang hanya untuk menghilangakan kotoran atau mungkin sekedar mengusir rasa gerah. 

Mandi wajib sering juga disebut sebagai mandi besar, mungkin disebut demikian karena mandinya harus seluruh badan dari ujung rambut sampai ujung kaki dibasahi oleh air. Ada juga yang menamai adus atau adus junub.

Yang Menyebabkan Wajib Mandi Wajib

Mandi wajib ini tidak sekonyong-konyong diwajibkan, tapi ada penyebanya. Adapun beberapa penyeba mandi wajib adalah :

  1. Hubungan badan antara suami istri (saya hanya ngasih contoh yang halal aja lho ya, kalau yang sejenisnya tapi bukan dengan pasangan yang syah, gak tahu deh mandinya harus gemana) hehe...
  2. Setelah haid selesai,
  3. Setelah melahirkan, dan
  4. Karena keluar mani yang disebabkan mimpi basah, melihat sesuatu yang menyebabkan keluarnya mani atau sengaja melakukan sesuatu yang menyebabkan keluarnya mani

Fardlunya Mandi Wajib

Maksudnya adalah, sesuatu yang harus terpenuhi dalam hal mandi wajib. Jika yang menjadi rukun ini tidak terpenuhi, maka mandi wajibnya menjadi tidak syah. Adapun fardlunya mandi wajib ada 2, yaitu :

  1. Niat
  2. Membasahi seluruh tubuh degan air

Niat adalah menyengaja dalam hati akan melakukan sesuatu yang diikuti denagn perbuatan yang diniatkan. 

Mengapa saya mengambil definisi menyengaja dalam hati? Karena tempatnya niat adalah di dalam hati. Namun, melafalkan niat sangat dianjurkan dan merupakan bagian dari sunat dan berfungsi untuk menghadirkan niat dalam hati.

Bacaan Niat Mandi Wajib

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ اْلحَدَثِ اْلأَكْبَرِ مِنَ اْلِجنَابَةِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla lirof'il hadatsil akbari minal jinabati fardhol lillaahi ta'aalaa

Bacaan di atas adalah niat mandi wajib yang disebabkan karena telah melakukan melakukan senggama atau yang disebabkan karen keluarnya air mani. Sedangakan untuk mandi wajib yang disebabkan oleh perkara lalin maka kata MINAL JINABATI diganti dengan :

Mandi Haid : MINAL HAIDI

Mandi Nifas : MINAN NIFASI

Tata Cara Mandi Wajib

Pertama, bacalah niat dalam hati dan ikuti dengan menyiramkan air ke seluruh tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki jangan ada yang terlewat termasuk bagian-bagian tubuh yang mungkin ada lempitan-lempitannya. Anggota badan yang disiram pertama ini bebas yang mana saja, mau dari bagin atas, bawah ataupun tengah. Namun harus dipastikan bahwa siraman pertama harus dibarengi dengan niat. Jika, siraman pertama tidak dibarengi dengan niat maka anggota badan yang pertama di siram harus disiram ulang karena siraman pertama belum masuk pada prosesi mandi wajib.

Kedua, meratakan air ke bagian luar seluruh anggota badan. Bila ada sedikit saja bagian tubuh yang belum terkena air maka mandi yang dilakukan belum dianggap sah dan orang tersebut dianggap masih dalam keadaan berhadats sehingga dilarang melakukan pekerjaan-pekerjaan yang tidak boleh dilakukan oleh orang yang berhadats besar seperti shalat, thawaf, membaca, menyentuh dan membawa Al-Qur’an dan lain sebagainya. 
 
Maka dari itu dalam melakukan mandi besar perlu kehati-hatian agar jangan sampai ada bagian dari tubuh yang tertinggal belum terkena air. Lipatan-lipatan badan yang biasa ada pada orang yang gemuk, kulit yang berada di bawah kuku yang panjang dan membersihkan kotoran yang ada di dalamnya, bagian belakang telinga dan bagian depannya yang berlekuk-lekuk, selangkangan kedua paha, sela-sela antara dua pantat yang saling menempel, kulit dada yang berada di bawah payudara yang menggantung, dan juga kulit kepala yang berada di bawah rambut yang tebal adalah bagian-bagian tubuh yang mesti diperhatikan dengan baik ketika melakukan mandi besar agar jangan sampai tidak terkena air sedikitpun
Direkomendasikan
 

Start typing and press Enter to search