-->

Bacaan Iftitah Nu dan Muhammadiyah, Arab dan Latin Lengkap Dengan Artinya

- Oktober 06, 2020
EYZA BLOG - Doa iftitah atau bacaan iftitah adalah doa yang dibaca pada rokaat pertama setelah takbirotul ihrom dalam setiap sholat (baik sholat sunnah maupun wajib). Berbeda dengan bacaan fatihah yang harus dibaca dalam setiap rokaat, bacaan iftitah hanya dibaca pada rokaat pertama saja.

Adapun hukum membaca iftitah, sudah difahamai dan diyakini bersama bahwa membaca iftitah dalam sholat adalah sunat haiat, sehingga jika tidak membaca iftitah baik disengaja maupun lupa tidak diwajibkan untuk menggantinya dengan sujud sahwi.

Mengenai jenis, macam atau versi bacaan iftitah tentu ada beberapa bacaan yang kesemuanya memiliki perbedaan. Ada yang perbedaannya sedikit, tapi juga ada yang perbedaannya sangat banyak bahkan dari awal sampai akhir bacaan semuanya beda.

Disini saya tidak akan mebahas perbedaan tersebut, apalagi untuk menklaim kebenaran pada salah satu bacaan iftitah. Karena jelas, ini diluar kemampuan saya sebagai orang awam yang hanya belajar agama sedikit dan lebih banyak mengikuti apa yang disampaikan oleh para guru atau ulama yang saya yakini keilmuannya.

Oke, sudah jelas ya, saya tidak akan mencari-cari perbedaan dan mencari-cari kebenaran sepihak. Tapi, berhubung yang saya tahu hanya dua jenis bacaan, yaitu bacaan iftitah versi NU dan iftitah versi Muhammadiyah, maka hanya dua jenis bacaan ini saja yang saya share di halaman blog ini.

Bacaan Iftitah Versi NU

Oke, versi NU saya share terlebih dahulu ya. Sekali lagi ini bukan untuk menunjukkan saya mengunggulkan salah satunya. Saya sangat meyakini keduanya benar dan saya juga suka menggunakan keudanya.

Bacaan Arab


اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلا

إِنِّىْ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ
 
Bacaan Latin

Allaahu akbar kabiiraa wal-hamdu lillaahi katsiiraa wa subhaanallaahi bukrataw wa ashiilaa.

Innii wajjahtu wajhiya lil-ladzii fatharas-samaawaati wal-ardha haniifam muslimaw wa maa ana minal-musyrikiin.

Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil-‘aalamiin. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa ana minal-muslimiin.

Artinya:

Allah Mahabesar lagi sempurna kebesaran-Nya, segala puji  hanya kepunyaan Allah, pujian yang banyak, dan MahasuciAllah di waktu pagi dan petang.

Kuhadapkan wajahku (hatiku) kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan ke-    adaan lurus dan menyerahkan diri dan aku bukanlah dari golongan kaum musyrikin.

Bacaan Iftitah Veri Muhammadiyah 

Lanjut, berikut adalah bacaan iftitah versi Muhammadiyah, bagi teman-teman yang ingin menggunakan bacaan iftitah ini dalam sholat, silakan amankan doa iftitah di bawah ini. Jika dirasa bermanfaat jangan lupa share ke taman-teman ya. Hehe...

Bacaan Arab


 اللَّحُمَّ بَا عِدْ بَيْنِى وَبَيْنَ خَطَا يَاىَ كَمَا بَاعَدْتْ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ , اللَّهُمَّ نَقِّنِى مِن الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوبُ الاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ , اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَاىَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ

 

Bacaan Latin

Allaahumma baa‘id bainii wa baina khathaayaaya kamaa baa‘adta bainal-masyriqi wal-maghrib.

Allaahumma naqqinii min khathaayaaya kamaa yunaqqats-   tsaubul-abyadhu minad-danas.

Allaahummaghsilnii min khathaayaaya bil-maa’i wats-tsalji wal-barad.

Artinya :

“Ya Allah, jauhkanlah aku daripada kesalahan dan dosa sebagaimana Engkau telah menjauhkan antara timur dan barat.

Ya Allah, bersihkanlah aku dari segala kesalahan dan dosa sebagaimana bersihnya kain putih dari kotoran.

Ya Allah, sucikanlah segala kesalahanku dengan air, salju dan air embun sebersih-bersihnya.”

Direkomendasikan
 

Start typing and press Enter to search