-->

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh, Arab, Latin, dan Artinya

- Oktober 20, 2019
EYZA BLOG - Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh, Arab, Latin, dan Artinya | Halo teman, udah pada hafal doa qunut belum. Oke, bagi sebagian umat muslim, terutama warga nahdliyin, doa qunut merupakan doa yang sangat populer tentunya. Karena setiap sholat subuh doa ini dibaca. Namun tentu saja, tidak semua warga nahdliyin juga hafal dengan doa qunut ini. Entah karena tidak tahu, atau memang males untuk menghafal, atau mungkin tidak tahu bacaan qunut sih seperti apa sehingga tidak bisa menghafalnya.

Oke, saya langsung aja nih. Share tentang doa qunut. Lengkap lho, mulai dari tulisab arab, tulisan latin sampai dengan terjemahannya. Jadi bagi teman-teman yang bisa membaca huruf arab, saya sarankan untuk menghafat doa qunut dengan membaca tulisan arabnya, tapi bagi teman-teman yang saat ini belum mampu membaca huruf arab, silakan baca tulisan latinnya. Terjemahannya juga perlu untuk dibaca, agar ketika kita membaca doa akan lebih menghayati.

Sebelumnya, tidak ada salahnya ya kalau saya kutipkan dulu deh tentang tata cara dan keutamaan membaca doa qunut. Tentunya agar teman-teman lebih mantap dalam mengamalkan doa ini. 




Panduan Cara Doa Qunut

Terkait dengan tata cara doa Qunut yaitu dilaksanakannya ketika I’tidal (gerakan berdiri setelah rukuk). Doa paling utama yang dilakukan hanya pada rukuk terakhir dalam sholat dan dilafadzkannya biasanya setiap sholat Subuh.
Doa qunut bisa kerjakan ketika ada salah satu saudara atau saudari kita yang muslim sedang ditimpa musibah.

Doa Qunut itu sendiri merupakan sebuah bentuk persaudaraan antar sesama umat Islam agar Allah segera menghapus musibah yang menimpa saudara atau saudari kita tersebut.

Khasiat dan Keutamaan Doa Qunut


Keutamaan sholat Subuh berjamaah banyak sekali, karena di sholat Subuh ada tambahan bacaan doa qunut yang memiliki beberapa manfaat.

Doa qunut bukan hanya sekadar doa yang dibaca hanya untuk memohon kepada Allah SWT. Membaca doa qunut memiliki banyak manfaat bagi yang membacanya dengan tulus dan ikhlas. Berikut manfaat membaca doa qunut:

1. Memberikan Petunjuk
Pada bacaan doa qunut ada doa yang bunyinya “Allahummahdinii fii man hadaiit” yang memiliki arti permintaan seorang hamba kepada Allah agar diberikan petunjuk.

Klaimat atau lafadz tersebut bisa dianggap sebagai kata-kata tawasul, yaitu kata-kata yang mengartikan adanya suatu nikmat hidayah sama halnya seperti Allah SWT mengasihkan hidayahnya untuk hamba-Nya.

2. Mendapatkan Perlindungan
Ada kalimat yang ada di dalam doa qunut “Wa’aafinii fii man ‘afaiit” yang mempunyai arti “Kasihkanlah hamba keselamatan sebagaimana hamba Mu yang lain yang sudah dikasih keselamatan”

Kata kata itu menguatkan sebuah arti bahwa Allah SWT mengasih perlindungan kepada hambanya dengan mengasih keselamatan untuk hamba-Nya yang memohon.
Perlindungan yang diberikan oleh Allah SWT untuk hamba-Nya tidak hanya perlindungan dan keselamatan di dunia saja, akan tetapi pula keselamatan untuk di akhirat kelak.

3. Menghindarkan Dari Berbagai Penyakit
Dalam doa qunut ada kalimat “wa’aafini fii man hadaiit” yang diyakini memberi perlindungan berbentuk keselamatan.

Kalimat tersebut yang bisa memberikan keselamatan misalnya mencegah hamba-Nya dari setiap jenis penyakit, baik itu penyakit hati atau penyakit rohani ataupun penyakit jasmani yang ada pada hamba-Nya.

Dengan rajin membaca doa qunut bisa membuat umat manusia terhindar dari hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT, baik dari segi hawa nafsu ataupun dari harta dan tahta.

4. Memberikan Berkah Terhadap Nikmat yang Diberikan
Dalam Bacaan doa qunut pula terdapat kalimat “wabaariklii fiimaa a’thoiit” yang maknanya berkahilah kepada aku apa yang telah Engkau kasih.

Kalimat itu menunjukkan dan menjelaskan bahwa Allah SWT senantiasa menganugerahkan kebaikan berbentuk berkah untuk tiap hamba-Nya.

Sedikit atau banyaknya jumlah nikmat yang dberikan oleh Allah SWT untuk setiap hamba-Nya akan menjadi berkah tersendiri bagi hamba-Nya tersebut.

Nah..., sudah tahu kan betapa besar manfaat dari doa qunut yang dibaca setiap sholat subuh. Tentunya semakin mantap nih ingin menghafat doa qunut. Oke, ini bacaan doa qunut yang bisa teman-teman hafalkan.

Bacaan Arab Doa Qunut Kunut dalam Sholat subuh

Bacaan doa qunut

Bacaan Latin Doa Qunut dalam Sholat Subuh
  1. Allah hummah dinii fiiman hadait.
  2. Wa’aa finii fiiman ‘aafait.
  3. Watawallanii fiiman tawal-laiit.
  4. Wabaariklii fiimaa a’thait.
  5. Waqinii birahmatika syarramaa qadhait.
  6. Fainnaka taqdhii walaa yuqdha ‘alaik.
  7. Wainnahu laayadzilu man walait.
  8. Walaa ya’izzu man ‘aadait.
  9. Tabaa rakta rabbanaa wata’aalait.
  10. Falakalhamdu ‘alaa maaqadhait.
  11. Astaghfiruka wa’atuubu ilaik.
  12. Wasallallahu ‘ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa’alaa aalihi washahbihi Wasallam.
Arti Bacaan Doa Qunut dalam Sholat Subuh

    1. Ya Allah tunjukkanlah saya sebagaimana mereka yang sudah Engkau berikan petunjuk.
    2. Dan kasihkanlah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau sudah kasih kesehatan.
    3. Dan peliharalah aku sebagaimana orang yang telah Engkau pelihara.
    4. Dan berilah keberkahan bagiku pada segala apa yang Engkau sudah karuniakan.
    5. Dan lindungi aku dari segala bahaya kejahatan yang Engkau sudah pastikan.
    6. Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum.
    7. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin.
    8. Dan tidak mulia orang yang mana Engkau memusuhinya.
    9. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau
    10. Maha bagi Engkau seluruh pujian di atas yang Engkau hukumkan
    11. Aku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau
    12. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi kami Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

      Bagaimana Kalau Lupa Doa Qunut

      Kita sebagai hamba Allah SWT memiliki banyak sekali kekurangan dan kelemahan. Salah satunya adalah sifat lupa yang sering dialami oleh manusia.

      Apabila kita lupa hitungan rakaat dalam sholat fardhu ataupun lupa membaca doa qunut setelah rukuk di iqtidal terakhir dalam sholat subuh, kita bisa melakukan sujud sahwi untuk menutupi kekurangan tersebut.

      Solusi Doa Qunut Saat Berjamaah

      Sebagai salah satu anjuran apabila ketika sedang sholat Subuh berjamaah dengan orang yang tidak melakukan doa qunut dalam sholatnya, baik ketika sedang menjadi makmum ataupun Imam.
      Sebisa mungkin Anda tetap menghargainya. Berikut cara ketika menjadi imam atau makmum ketika menghadapi bacaan doa qunut dalam sholat.

      1. Apabila Anda menjadi Imam
      Maka tetap disunnahkan untuk Anda tetap membaca doa qunut, yaitu dengan mengganti bacaan i’tidal dengan bacaan doa qunut.
      Hal ini dikarenakan bacaan doa qunut lebih diutamakan karena hukumnya sunnah ab’adl dibandingkan dengan bacaan i’tidal yang hukumnya sunnah hai’at.

      2. Apabila Anda menjadi makmum
      Maka alternatifnya sebagai berikut:
      • Qunut boleh dibaca secara ringkas setelah bacaan i’tidal, dengan doa yang mencakup unsur pujian dan istighfar. Meskipun dari ayat-ayat Al Qur’an dengan alasan tidak ada ketentuan tentang sighot qunut
      • Qunut dengan sujud sahwi.
      • Boleh mufaroqoh.
      Direkomendasikan


      Show EmoticonHide Emoticon

       

      Start typing and press Enter to search